Halaman

Minggu, 18 Desember 2016

Tugas ISD

          1. Apakah saat ini tujuan NKRI sudah terwujud?
          Tujuan negara secara umum adalah menyelenggarakan kesejahteraan dan kebahagiaan rakyatnya. Tujuan negara adalah pedoman dalam menyusun dan  mengendalikan alat perlengkapan negara serta mengatur kehidupan rakyatnya.
Dalam rumusan singkat berdasarkan Pancasila dan UUD RI Tahun 1945, negara Indonesia bercita-cita mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur. Tujuan Negara Republik Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea IV adalah “...melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial”.
Dari tujuan negara tersebut kita dapat menganalisa apakah tujuan negara telah tercapai atau belum. Untuk mengetahuinya maka kita akan menganalisa satu persatu:
-          Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia
Menurut saya, point pertama dari tujuan negara ini telah tercapai dapat dilihat buktinya bahwa kehidupan kita dinegara Indonesia ini sudah terasa aman yaitu dengan adanya aparat-aparat negara yang melindungi dan mengayomi rakyat dan mencegah terjadinya perang antar suku dan ancaman dari pihak asing baik dalam bentuk pencurian maupun peperangan.
-          Memajukan kesejahteraan umum
Untuk point yang kedua ini menurut saya belum tercapai, karena secara umum kita belum maju tetapi malah mengalami banyak kemunduran dalam berbagai aspek. Salah satu contoh nyatanya adalah saat ini kita sedang mengalami kemunduran dalam segi ekonomi, diantaranya yaitu angka kurs rupiah turun, cadangan devisa menurun, serta nilai ekspor turun.
-          Mencerdaskan kehidupan bangsa
Untuk point ini sebenarnya telah ada usaha dari pemerintah yaitu dengan berbagai program pemerintah dibidang pendidikan contohnya melalui sekolah gratis dan program wajib sekolah 9 tahun. Namun pada kenyataan dilapangan masih terdapat anak-anak usia sekolah yang masih tidak bersekolah karena berbagai faktor. Hal ini menujukan bahwa program pemerintah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa belum sepenuhnya tercapai.
-          Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial
Untuk point yang terakhir menurut saya sudah tercapai, yaitu dengan keikut sertaan Indonesia dalam organisasi dunia yaitu PBB maupun regional yaitu ASEAN. Contoh nyata peran Indonesia dalam melaksanakan ketertiban dunia adalah saat Indonesia menerima pengungsi kasus Rohingya dan saat Indonesia ikut menjadi negosiator dalam berbagai permasalahan yang dialami negara lain baik kasus dengan berbagai negara maupun kasus intern negara lain.
 
 
2. Apakah wajib militer bisa diterapkan dan cocok di Indonesia?
 Sebagai warga negara sendiri sudah memang kewajiban menjaga, membela, membangun negara. Kita harus mempersiapkan diri untuk kemungkinan - kemungkinan yang akan terjadi di kemudian hari. Dengan adanya wajib militer akan menumbuhkan sifat atau pribadi yang tenang, sigap, taktis, hati - hati dan teliti dalam membuat atau mengambil keputusan atau langkah kedepan. Dan kemungkinan tingkat kriminalitas pun akan berkurang. 


3. Bagaimana yang akan kalian lakukan jika kalian berada diluar negara Indonesia dan bagaimana kalian mengenalkan negara kalian sendiri ?
Banyak carayang dapat kita lakukan untuk memperkenalkan negara saat kita berada diluar negeri misalnya apabila kita sedang studi banding diluar negeri kita bisa memperkenalkan negara dengan saling bertukar informasi mengenai negara seperti musik, tarian, makanan, bahasa, budaya, keragaman yang negara kita miliki.
 
 

1 komentar:

  1. Referensi :

    http://admpublikunpad14.blogspot.co.id/2015/09/apakah-tujuan-negara-indonesia-sudah.html

    BalasHapus