Halaman

Jumat, 30 September 2016

Tugas ISD - 1



Soal  1  : Perkembangan penduduk di daerah masing – masing
Soal  2  : Perkembangan teknologi


1.     Pertumbuhan dan Perkembangan Penduduk
Pertumbuhan dan Perkembangan Penduduk
            Pengertian penduduk adalah orang-orang yang berada didalam  suatu wilayah yang terikat oleh aturan-aturan yang berlaku dan saling berinteraksi satu sama lain secara terus menerus. Pertumbuhan penduduk adalah perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu pada waktu tertentu dibandingkan waktu sebelumnya. Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk adalah kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk. Kelahiran dan kematian dinamakan faktor alami sedangkan perpindahan penduduk adalah faktor non alami. Dalam hal ini akan membahas pertumbuhan dan perkembangan penduduk dikota bekasi.  Jumlah Penduduk Kota Bekasi saat ini lebih dari 2,2 juta jiwa yang tersebar di 12 kecamatan, yaitu Kecamatan Pondok Gede, Jati Sampurna, Jati Asih, Bantar Gebang, Bekasi Timur, Rawa Lumbu, Bekasi Selatan, Bekasi Barat, Medan Satria, Bekasi Utara, Mustika Jaya, Pondok Melati. Dari total luas wilayahnya, lebih dari 50% sudah menjadi kawasan efektif perkotaan dengan 90% kawasan perumahan, 4% kawasan industri, 3% kawasan perdagangan, dan sisanya untuk bangunan lainnya. Sementara pencari kerja di kota ini didominasi oleh tamatan SMA atau sederajat. Perekonomian Bekasi ditunjang oleh kegiatan perdagangan, perhotelan, dan restoran. Sebagai kawasan pemukiman kaum urban, Kota Bekasi banyak memiliki pusat perbelanjaan, baik itu pasar tradisional, hypermarket, maupun pusat perbelanjaan mewah. Untuk melayani warga kota, tersedia bus antar kota dan dalam kota yang mengangkut penumpang ke berbagai jurusan. Kereta komuter KRL Jabotabek jurusan Bekasi, Selain itu tersedia pula bus pengumpan TransJakarta. Di Kota Bekasi banyak digunakan angkutan kota berupa minibus atau lebih sering disebut Koasi, ojek serta becak yang biasanya digunakan sebagai sarana angkutan dalam perumahan.

Dalam hal ini saya akan membahas pertumbuhan dan perkembangan di daerah rumah saya yaitu kelurahan margahayu, kecamatan bekasi timur. Saat ini memang sudah lebih berkembang banyaknya perubahan dari tahun ketahun dari segi penduduk, sosial, budaya, gaya hidup dll. Untuk saat ini penduduk semakin padat dan diprediksi akan terus bertambah dikarenakan banyaknya penduduk dari daerah – daerah lain yang pindah dan menetap di kota bekasi salah satu nya di daerah bekasi timur. Saat ini saja dikota bekasi banyak dalam pembangunan perumahan, cluster dan apartemen sehingga membuat peluang penduduk daerah yang ingin menetap dikota bekasi. Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Ibu Kota, Kota Bekasi menjadi daerah penyangga ibu kota. Hal ini berpegaruh dalam penggunaan lahan yang terdapat di kota  Bekasi. Sebagian  besar  lahan di Kota Bekasi  digunakan  untuk  tempat  tinggal  dan  usaha. Banyak disekitar daerah tempat saya tinggal penduduk mulai mencari peruntungannya dengan membuka usaha, bisnis atau perdagangannya sendiri. Banyak sekali saat ini yang membuka restoran atau kafe yang berkonsep masa kini yang bertujuan menarik pelanggan dimulai dari nama kafe, makanannya, serta penyajiannya yang aneh dan unik. Dan untuk transportasi saat ini sudah mulai berkembang dengan adanya transportasi dengan online yang dimana orang – orang saat ini bisa memesan transportasi yang diinginkan seperti motor maupun mobil untuk menjemput atau mengantarkan mereka ketempat tujuan. Dengan adanya perkembangan teknologi saat ini dapat membantu kegiatan manusia. Dan untuk gaya hidup dibekasi saat ini terlebih didekat daerah tempat saya tinggal sudah bisa dibilang modern. Dan dari pusat perbelanjaan sudah banyak dan bisa dibilang berdekatan dan sangat mudah dijangkau seperti mall metropolitan, mega bekasi, grand metropolitan, summarecon bekasi. Masyarakat disini saling menghargai satu sama lain



2.     Perkembangan Teknologi
Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di indonesia berkembang dari tahun ke tahun. Secara keseluruhan penyebab lain dari ketertinggalan Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sebagai berikut :
  1. Terbatasnya jumlah orang Indonesia yang mendapat pendidikan terutama pendidikan tinggi
  2. Masyarakat Indonesia jarang terlibat langsung dalam pengembangan iptek
  3. Kurangnya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat indonesia sendiri.
Setelah merdeka, perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi berkembang pesat di Indonesia. Hal ini didorong dengan terbukanya akses-akses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia. Kemerdekaan menciptakan keadilan dalam mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia. Mereka mempelajari sedikit demi sedikit di sekolah-sekolah yang sudah dibuka untuk semua kalangan masyarakat Indonesia. Dengan bekal pengetahuan ini kemudian masyarakat Indonesia melakukan berbagai inovasi dan eksperimen ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia.
Sisi positifnya adalah masyarakat yang menjadi pengguna aktif teknologi, situs-situs, serta media komunikasi sosial, mereka dapat menyampaikan informasi dan juga mendapatkan informasi secara lebih mudah. Komunikasi khususnya di Indonesia terasa seakan menjadi lebih mudah seiring perkembangan teknologi ini.Bila dilihat dari sisi negatifnya, kemajuan teknologi ini membuat orang menjadi malas untuk berkomunikasi secara langsung. Orang lebih memilih berinteraksi melalui handphonenya ketimbang berkomunikasi dengan orang disekitarnya. Adanya teknologi baru dapat menciptakan kebudayaan yang baru pada masyarakat serta teknologi sebagai pertanda kemajuan kebudayaan. Semakin berkembangnya teknologi dimana informasi apa saja bisa masuk dalam kehidupan masyarakat kita, berarti ikut serta mempengaruhi tergesernya nilai-nilai budaya Indonesia ini. Banyak masyarakat Indonesia, terutama generasi muda kebanyakan lebih suka terhadap budaya asing ketimbang kebudayaan Indonesia sendiri. Hal ini menuntut kita untuk lebih waspada dalam menerima budaya luar/asing.
Perkembangan teknologi tentu membawa perubahan yang begitu baik dan pesat dalam kehidupan manusia. Perkembangan itu baik adanya jika sesuai dengan apa yang diharapkan. Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat besar pengaruhnya dalam kehidupan berbudaya. Teknologi sendiri dapat muncul dari ilmu pengetahuan yang selalu berkembang dari zaman ke zaman. Namun, pengaruh ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembentukan budaya mempunyai dampak positif maupun negatif.
Dari dampak negatif yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi informasi ini adalah terciptanya sifat dan sikap ketergantungan kepada teknologi yang semakin canggih sehingga banyak orang yang mulai melupakan nilai-nilai kebudayaan yang ada di Indonesia. Sebagai salah satu contoh, anak-anak zaman sekarang lebih senang bermain dengan gadget canggih dibandingkan dengan permainan tradisional yang merupakan salah satu kebudayaan Indonesia. Dengan hal tersebut, maka anak-anak tersebut tidak dapat mengenal bahkan melestarikan budaya-budaya yang ada di Indonesia sejak dahulu.















DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar