Dalam dunia perbankan, pelayanan
merupakan faktor yang penting dalam menarik daya pikat nasabah. Nasabah pada
umumnya akan memilih salah satu bank yang memiliki tingkat pelayanan yang baik
dan memuaskan. Pelayanan yang diberikan oleh pihak - pihak bank kepada nasabah
tidak hanya dari sisi pelayanan teller dan customer service saja tetapi harus
dilihat dari segi penganekaragaman produk bank dalam peningkatan pelayanan ATM.
ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah alat telekomunikasi berbasis komputer yang
menyediakan tempat bagi nasabah dalam melakukan transaksi keuangan tanpa membutuhkan
seorang teller bank.
Dilihat dari pengertian ATM di atas ada 5 kepuasan yang dapat
dirasakan nasabah bila bertransaksi melalui ATM, yaitu:
1.
Kemudahan penggunaan jasa perbankan
2. Keleluasaan
waktu pelayanan
3. Kecepatan
dan ketepatan pelayanan
4. Keamanan
pelayanan
5. Keanekaragaman
jenis pelayanan
Adapun latar pembentukan ATM ini dilakukan oleh sektor perbankan yang
bertujuan:
1.
Untuk meningkatkan pelayanan
2. Untuk
menunjang bisnis riteil
3. Untuk
menghadapi teknologi informasi perbankan antar bank
4.
Kebutuhan masyarakat dan keterbatasan waktu
Fungsi dan manfaat ATM
Pada awalnya, penggunaan teknologi ATM dilakukan untuk membantu
nasabah di dalam melakukan penarikan uang tunai dimana cabang bank tersebut
tidak ada. Artinya, ada tidak ada fasilitas ATM, nasabah tetap membuka rekening
pada suatu bank. Secara umum fungsi ATM adalah agar dapat melakukan penarikan
uang tunai, namun selain itu masih banyak fungsi ATM yang dapat mempermudah
kepentingan kita sebagai nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan, seperti:
1.
Informasi Saldo
2.
Penarikan tunai
3.
Pembayaran umum: tagihan telepon, kartu kredit,
listrik, air, handphone, dan uang kuliah
4.
Pembelian: tiket penerbangan, isi ulang pulsa
5.
Pemindah bukuan (open transfer)Pengubahan PIN
Selain itu manfaat yang dapat dirasakan oleh nasabah dari pelayanan
ATM tersebut adalah:
1.
Melakukan pelayanan sendiri : Dapat melakukan
transaksi perbankan tunai maupun non tunai tanpa harus mendatangi kantor cabang
yang dituju.
2. Dapat
melakukan transaksi perbankan tanpa dibatasi waktu dan tempat, karena layanan
ATM on-line selama 24 jam
3. Tidak
perlu menyimpan uang kas terlalu banyak
4.
Mengurangi antrian nasabah di kantor cabang
Sedangkan manfaat bagi pihak bank sendiri adalah :
1.
kemampuan menarik nasabah baru yang lebih banyak
untuk menabung dan meningkatkan pendapatan.
2. Mendorong
nasabah agar lebih aktif menggunakan jasa perbankan
3. Mampu
membuka peluang munculnya produk dan jasa baru
4.
Sebagai media promosi
http://www.landasanteori.com/2015/10/pengertian-atm-definisi-fungsi-manfaat.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar