Halaman

Minggu, 15 Januari 2017

Tugas ISD 4 (2)



Dalam dunia perbankan, pelayanan merupakan faktor yang penting dalam menarik daya pikat nasabah. Nasabah pada umumnya akan memilih salah satu bank yang memiliki tingkat pelayanan yang baik dan memuaskan. Pelayanan yang diberikan oleh pihak - pihak bank kepada nasabah tidak hanya dari sisi pelayanan teller dan customer service saja tetapi harus dilihat dari segi penganekaragaman produk bank dalam peningkatan pelayanan ATM. ATM (Anjungan Tunai Mandiri) adalah alat telekomunikasi berbasis komputer yang menyediakan tempat bagi nasabah dalam melakukan transaksi keuangan tanpa membutuhkan seorang teller bank.
Dilihat dari pengertian ATM di atas ada 5 kepuasan yang dapat dirasakan nasabah bila bertransaksi melalui ATM, yaitu:
1.       Kemudahan penggunaan jasa perbankan
2.       Keleluasaan waktu pelayanan
3.       Kecepatan dan ketepatan pelayanan
4.       Keamanan pelayanan
5.       Keanekaragaman jenis pelayanan

Adapun latar pembentukan ATM ini dilakukan oleh sektor perbankan yang bertujuan:
1.       Untuk meningkatkan pelayanan
2.       Untuk menunjang bisnis riteil
3.       Untuk menghadapi teknologi informasi perbankan antar bank
4.       Kebutuhan masyarakat dan keterbatasan waktu
   
Fungsi dan manfaat ATM
Pada awalnya, penggunaan teknologi ATM dilakukan untuk membantu nasabah di dalam melakukan penarikan uang tunai dimana cabang bank tersebut tidak ada. Artinya, ada tidak ada fasilitas ATM, nasabah tetap membuka rekening pada suatu bank. Secara umum fungsi ATM adalah agar dapat melakukan penarikan uang tunai, namun selain itu masih banyak fungsi ATM yang dapat mempermudah kepentingan kita sebagai nasabah dalam melakukan aktivitas perbankan, seperti:
1.       Informasi Saldo
2.       Penarikan tunai
3.       Pembayaran umum: tagihan telepon, kartu kredit, listrik, air, handphone, dan uang kuliah
4.       Pembelian: tiket penerbangan, isi ulang pulsa
5.       Pemindah bukuan (open transfer)Pengubahan PIN

Selain itu manfaat yang dapat dirasakan oleh nasabah dari pelayanan ATM tersebut adalah:
1.       Melakukan pelayanan sendiri : Dapat melakukan transaksi perbankan tunai maupun non tunai tanpa harus mendatangi kantor cabang yang dituju.
2.       Dapat melakukan transaksi perbankan tanpa dibatasi waktu dan tempat, karena layanan ATM on-line selama 24 jam
3.       Tidak perlu menyimpan uang kas terlalu banyak
4.       Mengurangi antrian nasabah di kantor cabang




Sedangkan manfaat bagi pihak bank sendiri adalah :
1.       kemampuan menarik nasabah baru yang lebih banyak untuk menabung dan meningkatkan pendapatan.
2.       Mendorong nasabah agar lebih aktif menggunakan jasa perbankan
3.       Mampu membuka peluang munculnya produk dan jasa baru
4.       Sebagai media promosi
       


http://www.landasanteori.com/2015/10/pengertian-atm-definisi-fungsi-manfaat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar