Komunikasi adalah suatu ketrampilan penting
yang dibutuhkan dalam manajemen. Kegiatan komunikasi pada prinsipnya
adalah aktivitas pertukaran ide atau gagasan. Secara sederhana, kegiatan
komunikasi dipahami sebagai kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan/ ide dari
satu pihak ke pihak lain, dengan tujuan untuk mencapai kesamaan pandangan atas
ide yang dipertukarkan tersebut.
Dalam konteks
komunikasi sosial (penyebaran ide-ide pembangunan/pemasaran pada masyarakat
luas) memberi pemahaman bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, apalagi untuk
mengubah sikap dan prilaku mereka (segment masyarakat) sesuai dengan
kehendak/tujuan komunikator. Menyikap hal tersebut diperlukan Perencanaan
Komunikasi.
PERENCANAAN KOMUNIKASI
Dipahami ada empat (4) elemen utama Perencanaan, yaitu :
- Tujuan
(Objective). Kondisi masa depan
yang akan dicapai.
- Aksi
(Action). Serangkaian kegiatan yang yang dilakukan untuk mencapai tujuan.
- Sumber Daya
(Resouces). Hal-hal yang dibutuhkan dalam melaksakan aksi.
- Pelaksanaan
(Implementation). Tata cara dan arah pelaksanaan kegiatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar