Halaman

Selasa, 08 Januari 2013

PERENCANAAN KOMUNIKASI


Komunikasi adalah suatu ketrampilan penting yang dibutuhkan dalam manajemen.  Kegiatan komunikasi pada prinsipnya adalah aktivitas pertukaran ide atau gagasan.  Secara sederhana, kegiatan komunikasi dipahami sebagai kegiatan penyampaian dan penerimaan pesan/ ide dari satu pihak ke pihak lain, dengan tujuan untuk mencapai kesamaan pandangan atas ide yang dipertukarkan tersebut.
Dalam konteks komunikasi sosial (penyebaran ide-ide pembangunan/pemasaran pada masyarakat luas) memberi pemahaman bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, apalagi untuk mengubah sikap dan prilaku mereka (segment masyarakat) sesuai dengan kehendak/tujuan komunikator. Menyikap hal tersebut diperlukan Perencanaan Komunikasi.

PERENCANAAN KOMUNIKASI
Dipahami ada empat (4) elemen utama Perencanaan, yaitu  :
  1. Tujuan (Objective).  Kondisi masa depan yang akan dicapai.
  2. Aksi (Action). Serangkaian kegiatan yang yang dilakukan untuk mencapai tujuan.
  3. Sumber Daya (Resouces). Hal-hal yang dibutuhkan dalam melaksakan aksi.
  4. Pelaksanaan (Implementation). Tata cara dan arah pelaksanaan kegiatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar