Halaman

Kamis, 21 November 2013

perdagangan melalui jaringan elektronik 2

E – Commerce ( Perdagangan Elektronik )
Gambaran Perdagangan Elektronik ( E – Commerce )
Beberapa orang mendefenisikan perdagangan elektronik ( yang disebut juga E – Commerce ) dengan arti sempit yang mereka berikan hanya meliputi transaksi – transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan komputer mereka masing – masing melalui internet . Defenisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi –transaksi yang melintasi batas perusahaan saja yang dapat diklasifikasikan sebagai E- Commerce.
Meskipun e-commerce saat ini dianggap sebagai satu jenis perdagangan yang berbeda , tak berapa lama lagi ia hanya akan menjadi sisi lain dari transaksi bisnis sehari – hari . Telepon , yang ditemukan pada tahun 1876, dapat memberikan kita satu perspektif . Seperti internet dan web, aplikasi praktis bagi telepon hanya muncul setelah banyak digunakan.  Kalangan bisnislah yang pertama kali menggunakan telepon , yang saat itu terlalu mahal untuk dimiliki masing – masing rumah.Setelah telepon semakin murah , maka menjadi populer , dan bisnis mulai menciptakan cara- cara bagi konsumen untuk menggunakan telepon dalam melakukan interaksi penjualan dan jasa. Bisnis tumbuh dan berubah agar dapt mengambil keuntungan dari teknologi , baik teknologi itu berupa telepon atau World Wide Web.
Pengertian Perdagangan Elektronik ( E- Commerce )
Perdagangan elektronik , yang disebut juga e- commerce , adlah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e- commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk. Meskipun pandangan ini tidak salah , ini hanyalah merupakan meerupakan bagian kecil dari e-commerce. Sebagian besar e-commerce terjadi antar bisnis , dan antara bisnis dengan konsumen.
Kalangan bisnis telah mempertukarkan data secara elektronik selama bertahun – tahun sebagai upaya untuk membuat operasi berjalan dengan efisien. Jalur Komunikasi yang dipergunakan seringkali disewa ari perusahaan telepon ( AT &T, MCI, dan lain-lain ), dan peranti keras komunikasi khusus dipergunakan disetiap unjung jalur untuk memfasilitasi perpindahan data antar komputer – komputer bisnis.
Manfaat – Manfaat yang Diharapkan dari E – Commerce
Teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik memiliki manfaat tersendiri yang dianggap lebih baik daripada dengan melakukan perdagangan secara konvensional. Antara lain manfaat yang diperoleh dengan melakukan perdagangan melalui jaringan elektronik ialah :
Keuntungan bagi perusahaan :
-           Memperpendek jarak
Perusahaan-perusahaan dapat lebih dekat dengan kosumen.
-          Perluasan pasar
Jangkauan pemasaran menjadi semaikn meluas dan tidak terbatas oleh geografis dimanapun perusahaan berada
-           Efisien.
Disamping ada manfaat yang diperoleh dari perdagangan melalui jaringan elektronik terdapat pula kendala yang harus diselesaikan, kendala tersebut antara lain :
-      Biaya Tinggi
-      Masalah keamanan
-      Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
Selain dari manfaat di atas, perusahaan melaksanakan e- commerce untuk dapat mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Perbaikan – perbaikan ini di harapkan merupakan hasil dari tiga manfaat utama :
  • Perbaikan layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan
  • Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan
  • Peningkatan imbal hasil ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik
Manfaat – manfaat di atas akan memberikan kontribusi pada stbilitas keuangan perusahaan dan memungkinkannya bersaing dengan lebih baik didalm dunia bisnis yang semakin luas menerapkan teknologi komputer. Ingat bahwa peningkatan laba tidak termasuk kedalam manfaat yang diharapkan dari e-commerce . Laba adalah hasil dari sebuah organisasi yang mencapai tujuannya ; e-commerce adalah sarana pendukung yang kuat yang dapat membantu organisasi mencapai tujuannya.
Kendala perdagangan melalui jalur elektronik
Tidak semua perusahaan ikut dalam keramaian perdagangan melalui jaringan elektronik. Alasan perusahaan tidak menerapkan perdagangan melalui jaringan ielektronik yaitu:
  • Biaya tinggi
  • Masalah keamanan
  • Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia
Perusahaan – perusahaan yang telah memiliki system terutama menggunakannya
untuk transaksi terutama menggunakannya dengan pemasok (91 persen) dan pelanggan (88 persen),serta proses-proses utama yang berhubungan dengan pesanan pembelian, transfer pembayaran dan faktur.
Keamanan merupakan masalah bagi transaksi pelanggan dengan perusahaan.
Perusahaan-perusahaan umumnya menggunakan jaringan telekomunikasi aman yang terus dipantau untuk mensegah akses tidak sah Jaringan ini terbukti sangat aman bagi perusahaan-perusahaan besar. Para pelanggan umumnya tidak memiliki akses ke komunikasi aman seperti itu.
Sekarang dengan adanya enkripsi dan situs web aman, berkuranglah alasan untuk mengkhawatirkan akses tidak sah pada pesan pelanggan. Lebih besar kemungkinan pelanggan membuang informasi sensitif, seperti laporan atau slip kartu kredit, daripada mengalami penyalahgunaan informasi tersebut di internet.
Perangkat lunak untuk perdagangan melalui jaringan elektronik sedang menuju era baru.
Daripada membuat perangkat lunak khusus, perusahaan-perusahaan sekarang merancang interface untuk perdagangan melalui jaringan elektronik yang memanfaatkan perangkat lunak browser internet yang ada. Ide dasarnya adalah membuat suatu interface umum yang cocok untuk para pelanggan dan mitra elektronik.
Ruang Lingkup Perdagangan Elektronik ( E-Commerce )
E – Commerce menyumbang hampir $ 1,7 triliunan untuk aktivitas perekonomian di Amerika Serikat selama tahun 2003 . E- Commerce telah mencapai tingkat pertumbuhan tahunan lebih dari 15 persen setiap tahunnya selama lima tahun terakhir . Tingkat pertumbuhan ini dapat mengalami perlambatan pada waktu tertentu, tetapi kemungkinan akan terus berlanjut selama beberapa tahun mendatang . Jumlah dampak perekonomian akan bervariasi dari satu industri ke industri lain, tetapi kurang lebih 94 persen e – commerce adalah B2B ( Business – to – Consumer ), menyisakan 6 persen untuk B2B.
E – Commerce memiliki arti penting khususnya bagi beberapa segmen tertentu perekonomian AS karena memang menyumbangkan persentase dolar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen – segmen tersebut.
Jalan Menuju Perdagangan Melalui Jalur Elektronik
Rencana bisnis strategis untuk mewujudkan komitmen untuk menggunakan perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai keunggulan strategis. Perusahaan pertama-tama mengumpulkan intelijen bisnis sehingga dapat memahami peran potensial yang akan dimainkan tiap elemen lingkungan. Saat perusahaan-perusahaan saling berinteraksi, langkah selanjutnya adalah membentuk suatu system antar organisasi (IOS) melalui pertukaran data elektronik (EDI) atau suatu ekstranet.
Ekstranet adalah suatu jenis khusus system internet yang menggunakan browser halaman Web dan server web standar, seperti system internet tradisional, tetapi sejumlah kecil entitas luar yang dipercaya diberikan akses ke data dan aplikasi sensitive milik perusahaan. IOS dicapai dengan mengikuti siklus hidup system atau melakukan rancang ulang proses bisnis (BPR). Hasilnya adlah system berorientasi jaringan yang menggunakan sambungan langsung, jaringan bernilai tambah, internet, atau kombinasinya.
Ketika sebuah perusahaan merasa bahwa manfaat yang diharapkan lebih besar daripada biaya dan memutuskan untuk mengimplementasikan e- commerce, Perusahaan tersebut menyadari bahwa implementassi yang akan dilakukan bisa jadi merupakan suatu pekerjaan yang besar. Rencana bisnis strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan e- commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Perusahaan pertama – tama harus memperoleh kecerdasan bisnis ( business intelegence ) sehingga perusahaan tersebut akan dapat memahami peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing – masing unsur lingkungan.

v  INTELEGENSI BISNIS ( BUSINESS INTELEGENCE )
Intelegense Bisnis adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur – unsur didalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah sistem interorganisasional ( interorganizational system IOS ). Istilah yang sering kali dipergunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari Electroni data interchange ( pertukaran data elektronik ). Kedua diatas sering kali saling bertukar penggunaan , tetapi jika ditarik satu garis perbedaan, EDI dianggap sebagai subkumpulan dari suatu sistem interorganisasional.
Ekstranet juga berperan serta dalam mendukung strategi perdagangan elaktronik.Ekstranet memungkinkan pembagian informasi berbasis computer yang sensitive dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi yang umumnya diasosiasikan dengan internet, ekstranet biasanya terlindung dibalik firewall. Firewall adalah perangkat lunak computer yang hanya mengijinkan akses oleh pemakai sah. Karena kalau sipemakai tidak sah membuka web kita , kemungkinan informassi dan data kita akan disalah gunakan oleh sipemakai tidak sah.
Sistem Terorganisasi ( ISO )
Suatu IOS (system antar organisasi) kadang-kadang disebut system informasi antar organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai satu system tunggal.Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis. Kita telah mengetahui bagaimana perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan suatu sistem interorganisasional ( interorganizational system  – IOS ) sehingga semua perusahaan bekerja bersama sebagai suatu unit yang terkoordinasi, meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Perusahaan – perusahaan yang berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau analisi bisnis.
Manfaat IOS
Dua manfaat penting untuk direalisasikan oleh sekutu dagang adalah ; efisiensi komparatif dan kekuatan penawaran.
EFISIENSI KOMPARATIF Dengan bergabung dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan selanjutnya memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggan nya. Dengan demikian sekutu dagang mapu memberikan tingkat value yang unggul dari pada pesaingnya.
-          Efisiensi interorganisasional
Mencakup perbaikan – perbaikan yang diperoleh melalui dengan adanya jalinan kerja sama antar satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Perbaikan ini memungkinkan perusahaan menawarkan lebih banyak barang dan jasa, melayani lebih banyak pelanggan, memindahkan pekerjaan – pekerjaan tertentu kepada pemasok dan pelanggan, dan mengumpulkan data extern dengan mudah.
-          Efisiensi internal
Terdiri dari perbaikan dalam operasi – operasi perusahaan itu sendiri, sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisa data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih efektif lagi.
KEGIATAN PENAWARAN Kekuatan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri disebut kekuatan penawaran ( bargaining fower ). Kekuatan ini diambil dari tiga
area  dasar : dengan menawarkan fitur- fitur produk yang unik, dengan mengurangi biaya – biaya yang berhubungan dengan penelitian, serta dengan meningkatkan biaya perpindahan.
-          Keistimewaan produk yang unik
Hubungan elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan dalam bentuk pemesanan yang lebih mudah, pengiriman yang lebih cepat, dan waktu respon atas permintaan informasi yang lebih cepat. Pelayanan yang lebih baik ini menjadi keistimewaan produk perusahaan, membuatnya lebih menarik daripada produk serupa yang ditwarkan pesaing.
-          Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian
Dengan menjadi bagian suatu IOS, perusahaan dapat mengurangi biaya berbelanja yang dialami pelanggannya dalam mencari pemasok, mengidentifikasi produk alternative dan mendapatkan harga terendah. Karena perusahaan itu sendiri adalah pelanggan dan pemasoknya, perusahaan dapat mengalami penurunan biaya berbelanja yang sama ketika memesan dari pemasoknya.
-          Peningkatan biaya peralihanSuatu perusahaan ingin agar jika pelanggan beralih ke pesaing maka biayanya menjadi mahal. IOS mencapai manfaat ini dengan memberikan bagi pelanggan sumber daya informasi seperti perangkat keras, perangkat lunak dan saluran komunikasi data yang harus diganti jika produk dibeli dari perusahaan lain.
Manfaat Tidak Langsung IOS

                                                     Manfaat Langsung

  • Meningkatnya daya saing
Kombinasi antara turunnya biaya dan fitur – fitur produk yang unik dimungkinkan oleh IOS , menjadikan para pesaing semakin sulit untuk menyamai produk – produk perusahaan dalam hal biaya dan jasa yang ditwarkan.
  • Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang
Melalui penggabungan dalam suatu sistem formal dengan sekutu dagang, maka secara alamiah akan timbul hubungn yang baik – sebagai suatu produk sampingan dari aktivitas bisnis. Semua partisipan akan sadar bahwa mereka bekerja untuk mencapai tujuan yang sama dan memperoleh keuntungan bersama.
  • Memperbaiki layanan pelanggan
Kecepatan komunikasi elektronik memungkinkan perusahaan memberikan respon lebih cepat untuk pesanan dan permintaan jasa pelanggan.
  • Menurunkan biaya
Penurunan biaya dapat direalisasikan dengan menghilangkan pekerjaan – pekerjaan yang berulang, menghilangkan dokumen kertas, dan mengurangi pekerjaan manual penyebaran dokumen kertas didalam organisasi.
  • Mengurangi kesalahan
Dengan tidak adanya keharusan untuk memasukkan data yang termasuk kedalam sistem, kesalahan entri data dapat dikurangi.
  • Meningkatnya efisiensi operasional
Manfaat IOS bagi efisiensi internal dan interorganisationalsebagian besar dimungkinkan EDI dan Ekstranet. Dengan mengganti dokumen kerts pada masing – masing aliran dengan data elektronik, memungkinkan terciptanya banyak kesempatan untuk meningkatkan efisiensi.
Pertukaran Data Elektronik ( EDI ) Elektronik Data Interchange
Menurut kamus TI Pengertian EDI Adalah Metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi secara elektronik melalui jaringan komputer.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.
Selain arti diatas EDI  adalah implementasi dominan dari suatu IOS. Lebih dari dua pertiga e- commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI, jika dibandingkan dengan alternatif – alternatif IOS lainnya . Meskipun EDI lebih mahal ( membutuhkan biaya mulai dari $5.000 hingga $30.000 untuk sambungan selama setaun dengan satu vendor atau pelanggan ) dan merepotkan daripada sistem komunikasi IOS yang lebih terbaru, EDI tetap merupakan metode yang terdepan.
JARINGAN BERNILAI TAMBAH ( Value added network – VAN) adalah EDI yang telah dikontrakkan kepada satu vendor.
ü  Hubungan EDI yang umum
Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side)
Set atau model transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur. EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.
ü  Standar EDI
Format pesan EDI distandardisasi secara terpisah oleh badan-badan berwewenang di Amerika Utara dan Eropa
Standard ANSI ASC X12 dikembangkan oleh The Accredited Standars Comitee X12 di American National Standards Institute dan digunakan terutama di Amerika Utara.
Standard EDIFACT dikembangkan oleh Komisi perekonomian Persatuan Bangsa Bangsa (PBB atau UNO) (untuk) Eropa (ISO 9735-1991 Electronic Data Interchange for Administration, Commerce, and Transport – Application Level Syntax Rules).
Format ANSI-X12 dan EDIFACT-EDI memiliki sistem pengamanan tersendiri. ANSI-X12.58menyediakan sistem keamanan yang bisa ditambahkan ke kumpulan form transaksi dan atau kumpulan form yang berkaitan dengan form transaksi. Layanan keamanan yang diberikan olehANSIASC-X12.58 ialah pembuktian keaslian data, integritas data, dan atau kerahasiaan data, dengan tambahan dukungan untuk pembenaran transaksi(jika tidak menggunakan MACs, melainkan menggunakan tanda digital). Perlindungan keamanan yang terdapat pada frame EDI tidak terikat pada media komunikasi(internet atau VAN). Jika EDI dilewatkan melalui internet , maka sistem protokol kemanan standar yang ada akan dimasukkan pula pada header ANSI-ASCX12.58 atau security option dari EDIFACT, misalnya spesifikasi Secure Multipurpose Internet Mail Extensions (S/MIME) atau PGP. PGP dan S/MIME menggunakan semua layanan keamanan melalui penggunaan algoritma kriptografi yang rumit. Penggunaan perlindungan dari luar sistem itu sendiri, sangat disarankan mengingat sistem internal EDI belumlah cukup terlindungi oleh karena batasan dari maksud perancangan EDI itu sendiri.
Standard EDI yang belaku saat ini adalah:
•  SPEC 2000
•  ANSI X12 Standard AS dan Canada
•  EDIFACT (Standard Eropa)
•  IEF
•  Dll
ü  Tingkat penerapan EDI
Tiga tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :
1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.
2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.
3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.
Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.
Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing
- Kekuasaan yang dilaksanakan
- Kebutuhan Intern
- Dukungan manajemen puncak
ü  Manfaaat EDI
Manfaat Langsung : manfaat yang berasal dari teknologi
Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
- Mengurangi Kesalahan
- Mengurangi biaya
- Meningkatkan efisiensi operasional
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
- Meningkatkan pelayanan pelanggan
Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik.5

Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik
Pilihan Teknologi :
  1. Sambungan Langsung (direct connectivity ), bekerja sama denga penyedia jasa telekomunikasi.
  2. Jaringan Bernilai Tambah ( value – added network ), jaringan ini disediakan yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
  3. Internet , memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghhubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.

2 komentar:

  1. Ingin tanya mbak, Buku yang bagus untuk belajar EDIFACT ORDERS dan INVOIC di buku apa ya pak, dan perangkat lunak atau pustaka untuk bahasa pemrograman apa yang ada untuk dapat coba-coba EDIFACT? saya dapat buku Demystifying EDI karangan Russell A. Stultz, yang diterbitkan oleh Wordware Publishing tapi kurang detil, berikut saya rangkumkan sedikit hasil pembelajaran saya http://datacomlink.blogspot.com/2016/08/pengantar-pertukaran-data-elektronik.html
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, urlnya berubah http://datacomlink.blogspot.co.id/2016/09/pengantar-pertukaran-data-elektronik.html
      terima kasih

      Hapus